Penulis Utama : Bintara Danang Pambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611023
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan hasil belajar tendangan lambung dalam sepak bola menggunakan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Tuban Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga- K5611023-2016
Subyek : TENDANGAN LAMBUNG SEPAKBOLA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tendangan lambung melalui penggunaan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Tuban Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Tuban Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 16 siswa putra dan 21 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Data hasil belajar Tendangan Lambung sepakbola diperoleh melalui tes unjuk kerja dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pembelajaran menggunakan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan lambung sepakbola. Hasil belajar tersebut meliputi aspek psikomotor, afektif, dan kognitif dari 37 siswa hanya 10 siswa yang mencapai KKM atau 27% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 51% atau 19 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 89% atau 33 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI SD Negeri 02 Tuban dalam meningkatkan hasil belajar tendangan lambung sepakbola menggunakan alat bantu pembelajaran ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Simpulan penelitian ini adalah menggunakan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan lambung sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri 02 Tuban Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Tendangan lambung sepakbola, menggunakan alat bantu pembelajaran.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sukono, M.Or
2. Widodo, S.Pd, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP