Penulis Utama : Jamahri
NIM / NIP : X471835
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, kualitas dan sikap siswa, serta perilaku siswa dalam pembelajaran lempar tangkap bola kecil. memberikan motivasi siswa melalui pendekatan pembelajaran model bermain  sehingga siswa lebih berminat, senang, dan memahami aktifitas lempar tangkap bola kecil. sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Penelitian ini menggunakan metode action research (tindakan kelas). Adapun subyek adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Karangbrai, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Tahun Pelajaran 2014/2015. Jumlah subyek yang digunakan adalah sebanyak 20 siswa, terdiri dari 8 siswa putra, dan 12 siswa putri.
Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilian ketrampilan melempar tangkap bola kecil. Validasi data menggunakan teknik trianggulasi.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kulitatif deng persentase.
Hasil penelitian ini dari kondisi awal siswa ke siklus 1 dan kesiklus 2. Hasil analisis yang diperoleh dengan peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus 1 ke siklus 2. Pada kondisi awal hasil belajar melempar tangkap bola kecil hanya mencapai  40% atau sebanyak 8 siswa dari 20 siswa telah mencapai tuntas. Pada nilai sikap kopetensi inti I (sikap spiritual) kondisi awal siswa hanya mencapai 50% atau 10 siswa pada pembelajaran siklus 1 naik menjadi 70% atau 14 siswa. Pada nilai kopentensi inti II (sikap sosial) kondisi awal siswa hanya mencapai 60% atau 12 siswa pada pembelajaran siklus 1 naik menjadi 70% atau 14 siswa, dan pada pembelajaran siklus 2 naik menjadi 85% atau 17 siswa. Pada nilai kopentensi inti III (sikap Pengetahuan) kondisi awal siswa hanya mencapai 50% atau 10 siswa pada pembelajaran siklus 1 naik menjadi 60% atau 12 siswa, dan pada pembelajaran siklus 2 naik menjadi 85% atau 17 siswa. Pada nilai kopentensi inti IV (sikap Ketrampilan) kondisi awal siswa hanya mencapai 60% atau 12 siswa pada pembelajaran siklus 1 naik menjadi 75% atau 15 siswa, dan pada pembelajaran siklus 2 naik menjadi 85% atau 17 siswa. Jadi pada nilai yang terjadi dari seluruh aspek KI - 1,KI - 2, KI - 3, dan KI - 4 mengalami kenaikan yang signifikan dari 50% menjadi 85% atau mengalami kenaikan 35%.
Kesimpilan penelitian ini adalah melalui upaya penerapan alat bantu bola kertas dan bola plastik dapat mengkatkan hasil belajar melempar tangkap bola kecil pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Karangbrai, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : lempar tangkap bola kecil, alat bantu bola kertas dan bola plastik.

×
Penulis Utama : Jamahri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X471835
Tahun : 2015
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar tangkap Bola Kecil dengan Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Karangbrai Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014 /2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan-X471835-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Nugroho, S.Pd. M.Or.
2. Rumi Iqbal Doewes, S.Pd.M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.