Penulis Utama : Riyan Alaji
NIM / NIP : K5412067
×

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk   mengetahui,   (1)   karakteristik   sosial demografi TKI asal Kecamatan  Kawunganten.(2) dampak positif dan  dampak negatif yang timbul dari migrasi internasional TKI asal Kecamatan Kawunganten. (3) pola migrasi internasional yang dilakukan TKI asal Kecamatan Kawunganten.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Teknik pengambilan   subjek penelitian yang digunakan adalah snowball sampling, terdiri dari mantan TKI, keluarga TKI, perangkat desa, penyalur, PPTKIS, dan Dinsosketrans. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawacara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi literatur. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dan penjodohan pola.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) karakteristik sosial demografi TKI asal Kecamatan Kawunganten, yaituTKI didominasi kaum perempuan dan kebanyakan dari mereka sudah menikah, dimana suami mereka mayoritas bekerja serabutan dengan penghasilan tidak tetap serta banyak anak- anak mereka yang masih sekolah. (2) dampak positif yang dirasakan TKI asal Kecamatan Kawunganten, antara lain kebutuhan rumah tangga TKI terpenuhi, anak-anak TKI dapat bersekolah, hutang dapat dilunasi, TKI mampu berinvestasi, rumah TKI menjadi bagus, beberapa TKI memiliki rumah, beberapa TKI memperoleh ketrampilan lain, pembangunan prasarana desa dan pengadaan kegiatan sosial dapat berlangsung.Dampak negatif yang timbul adalah hubungan rumah tangga menjadi kurang harmonis dan perceraian. (3) pola migrasi internasional yang dilakukan TKI, antara lain pola migrasi berangkat-pulang- berangkat lagi ke negara yang sama, pola migrasi berangkat-pulang-berangkat lagi ke negara yang berbeda dan pola migrasi berangkat-pulang.

Kata Kunci : pola migrasi internasional, TKI

×
Penulis Utama : Riyan Alaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412067
Tahun : 2016
Judul : Pola Migrasi Internasional Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Asal Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun 2016 Suplemen Kurikulum 2013 SMA Kelas XI KD 3.3 Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan serta Sumber Daya Manusia di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5412067-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sugiyanto, M.Si., M.Si
2. Drs. Wakino, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.