Penulis Utama : Diah Wulandari
NIM / NIP : K1515019
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model desain sistem pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XI DPIB B SMK Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Uji validitas instrumen data pada penelitian ini menggunakan expert judgment .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model desain sistem pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI DPIB B SMK N 2 Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pada pra siklus persentase ketuntasan yang dicapai siswa sebesar 51,50% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,54. Sedangkan pada siklus I persentase ketuntasan yang dicapai siswa mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus sebelumnya (pra siklus), persentase ketuntasan yang dicapai siswa yakni sebesar 67% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,2. Hal yang serupa juga terjadi pada siklus II, dimana persentase ketuntasan yang dicapai siswa mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus sebelumnya (siklus I), persentase ketuntasan yang dicapai siswa yakni sebesar 78% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,25. Data disajikan pada lampiran 4 halaman 100 (perhitungan presentase ketuntasan, ketidaktuntasan dan nilai rata-rata kelas).

Kata kunci: model pembelajaran, ASSURE, prestasi belajar siswa

 

×
Penulis Utama : Diah Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515019
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model desain sistem pembelajaran assure untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan di SMK N 2 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1515019-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd.,
2. Drs. Waluyo M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.