Penulis Utama : Mohammad Zein Alfatony
NIM / NIP : K1515044
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengkaji pengaruh variasi limbah keramik sebagai pengganti agregat halus dan abu terbangsebagai pengganti semen terhadap berat jenis dan kuat tekan beton; (2) mengkaji persentase maksimal variasi limbah keramik sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan berat jenis beton normal; (3) mengkaji persentase optimal variasi limbah keramik sebagai pengganti agregat halus yang menghasilkan kuat tekan optimum pada beton.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan teknik analisa data menggunakan regresi. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah (1) variabel bebas : variasi limbah keramik sebagai pengganti agregat halus yaitu 0%; 5%; 10%; dan 15% dengan penggunaan abu terbang 15% sebagai pengganti semen, (2) variabel terikat: berat jenis dan kuat tekan beton dengan penggunaan variasi limbah keramik sebagai pengganti agregat halus.
Hasil penelitian sebagai berikut, (1) Adanya variasi limbah keramik sebagai pengganti agregat halus dan abu terbang sebagai pengganti semen berpengaruh kuat terhadap berat jenis dan kuat tekan beton;(2) Diperoleh persentase maksimal yang menghasilkan berat jenis beton normal pada variasi 15% dengan nilai rata-rata 2247,398 kg/m3; (3) Pada kuat tekan beton diperoleh nilai optimal sebesar 6,164% dengan kuat tekan 27,637 MPa.

Kata Kunci: Limbah Keramik, Abu Terbang, Berat Jenis Beton, Kuat Tekan Beton

 

×
Penulis Utama : Mohammad Zein Alfatony
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515044
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh limbah keramik sebagai pengganti sebagian agregat halus dan abu terbang (Fly Ash) sebagai pengganti sebagian semen terhadap berat jenis dan kuat tekan beton untuk suplemen bahan ajarmata kuliah Teknologi Beton
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1515044-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng
2. Rima Sri Agustin, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.