Penulis Utama : Gending Anjanwani Restuning Gusti
NIM / NIP : K5414024
×

Keberadaan komunitas pecinta hewan saat CFD Kota Surakarta memproduksi ruang-ruang berkumpul komunitas mereka dengan komunitas pecinta hewan lainnya. Dari tahun 2010 hingga 2018 ruang-ruang tersebut mengalami suatu dinamika. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui proses produksi ruang yang dilakukan oleh komunitas pecinta hewan di CFD Kota Surakarta (2) mengetahui perkembangan produksi ruang yang dilakukan oleh komunitas pecinta hewan di CFD Kota Surakarta tahun 2010 hingga 2018.
Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif spasial dan pendekatan regresif. Populasi pada penelitian ini ditekankan pada dua objek yaitu Dinas Perhubungan Kota Surakarta bagian Lalu Lintas dan individu yang menjadi anggota komunitas pecinta hewan yang dibedakan berdasarkan jenis hewan peliharaan. Teknik sampel yang digunakan yaitu snowball cluster sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data mengenai proses produksi ruang dan perkembangan produksi ruang yang dilakukan oleh komunitas pecinta hewan di CFD Kota Surakarta didapat dari wawancara individu anggota komunitas dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta divalidkan dengan data dari observasi lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ruang berkumpul komunitas pecinta hewan di CFD Kota Surakarta tercipta karena diawali adanya partisipasi komunitas-komunitas pecinta hewan tersebut di CFD hingga mengakibatkan adanya interaksi sosial. Komunitas pecinta hewan melakukan praktek meruang (spatial practice) di CFD. Komunitas pecinta hewan mengatur sedemikian rupa tatanan ruang berkumpul dari masing-masing komunitas (conceived space) menggunakan atribut pendukung seperti menggunakan MMT, x-banner, kandang, tenggeran serta seragam komunitas yang menciptakan ruang-ruang representasi baru (spaces of representation). (2) Ruang-ruang yang tercipta oleh para komunitas pecinta hewan tersebut berada tahun 2010 hingga 2012 menempati ruang-ruang yang acak, tahun 2018 sudah terlihat pola tetap pada satu lokasi dan berjajar memanjang di depan Pengadilan Negeri Surakarta.

Kata Kunci : dinamika, produksi ruang, komunitas pecinta hewan, Car Free Day

×
Penulis Utama : Gending Anjanwani Restuning Gusti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414024
Tahun : 2019
Judul : Dinamika Penggunaan Ruang Car Free Day oleh Komunitas Pecinta Hewan Kota Surakarta Studi Kasus Jalan Brigjen Slamet Riyadi Tahun 2010 - 2018 (Sebagai Suplemen Pembelajaran Geografi SMA Kelas X Kurikulum 2013 pada KD 3.1 Memahami Pengetahuan Dasar Geografi dan Terapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5414024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd
2. Dr. Yasin Yusup M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.