Penulis Utama : Amila Hillan
NIM / NIP : S841802004
×

Penelitian terhadap dwilogi novel karya Dini Fitria Scappa per Amore dan Hijrah Hati di Senja Copacabana bertujuan untuk mendeskripsikan 1) unsur intrinsik pembangun realitas profetik pada dwilogi novel; 2) citra perempuan muslim dalam perspektif profetik dwilogi novel; 3) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kajian feminisme profetik dwilogi novel; dan 4) relevansi kajian feminisme profetik dan nilai pendidikan karakter dalam dwilogi novel dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi kajian sastra feminis profetik. Data dan sumber datanya berupa sumber data primer yakni dwilogi novel karya Dini Fitria Scappa per Amore dan Hijrah Hati di Senja Copacabana, serta sumber data sekunder yakni hasil wawancara dengan guru dan siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik validitas data yaitu triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) unsur intrinsik pembangun realitas profetik dalam dwilogi novel ini meliputi tema, setting atau latar, dan amanat; 2) citra perempuan muslim dalam dwilogi novel digambarkan berdasar atas aspek-aspek dalam etika profetik yang meliputi humanisasi (perempuan yang menjaga persaudaraan antaragama, perempuan yang menghormati orang lain, perempuan ramah, perempuan pemaaf), liberasi (perempuan pekerja, perempuan berpendidikan tinggi, perempuan yang berani berpendapat), dan transendensi (perempuan yang taat beragama dan perempuan penyabar); 3) nilai pendidikan karakter dalam dwilogi novel antara lain nilai pendidikan karakter religius, nilai pendidikan karakter toleransi, nilai pendidikan karakter peduli, dan nilai pendidikan karakter tanggung jawab; dan 4) relevansi penelitian ini dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas yakni adanya kaitan kajian penelitian dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas.

Kata Kunci : unsur intrinsik, kajian feminisme profetik, nilai pendidikan karakter, pembelajaran sastra

×
Penulis Utama : Amila Hillan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841802004
Tahun : 2019
Judul : Kajian Feminisme Profetik dan Nilai Pendidikan Karakter Dwilogi Novel Karya Dini Fitria Scappa Per Amore dan Hijrah Hati di Senja Copacabana (Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841802004-2019
Kata Kunci : unsur intrinsik, kajian feminisme profetik, nilai pendidikan karakter, pembelajaran sastra
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.