Penulis Utama : Widya Kaharani Putri
NIM / NIP : S021602067
×

ABSTRAK

Latar belakang: Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis yang menjadi masalah kesehatan masyarakat secara global. Insiden DM diseluruh dunia sekitar 6,4 % (285 juta orang) tahun 2010, dan diproyeksikan meningkat menjadi 7,7 % tahun 2030. Komplikasi DM merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas yang terkait dengan gangguan metabolik kronik. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perawatan diri, kepatuhan minum obat dengan kejadian komplikasi pada pasien DM tipe 2.
Subyek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain kasus kontrol. Lokasi penelitian di RSUD Dr. Soeroto, Ngawi. Jumlah sampel 200 subjek. Sampel kasus sebesar 150 subjek dan kontrol sebesar 50 subjek. Variabel dependen yaitu komplikasi. Variabel Independen meliputi perawatan diri, kepatuhan minum obat, motivasi, lama sakit, dukungan keluarga dan dukungan tenaga kesehatan. Analisis data menggunakan analisis jalur. Data komplikasi diperoleh dari rekam medis, data lain dikumpulkan dengan kuesioner.
Hasil: Komplikasi pada Diabetes Melitus tipe 2 menurun dengan perawatan diri yang baik (b = -3.34; CI 95% = -4.47 – -2.22; p<0 xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Risiko komplikasi pada DM tipe 2 menurun dengan perawatan diri yang baik dan kepatuhan minum obat, motivasi yang tinggi, dukungan tenaga kesehatan yang kuat, dukungan keluarga yang kuat, pendidikan yang tinggi.

×
Penulis Utama : Widya Kaharani Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021602067
Tahun : 2019
Judul : Determinan Kepatuhan Minum Obat dan Perawatan Diri dengan Risiko Komplikasi pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD Dr. Soeroto Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021602067-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes.
2. Dono Indarto dr. M. Biotech, St, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.