Penulis Utama : Alvionita Arum Puspawati
NIM / NIP : K4312004
×

ABSTARK

Penelitian bertujuan untuk meningkatan kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA 9 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) yang berlangsung selama tiga siklus penelitian. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas XI MIPA9 SMA  Negeri  3  Surakarta tahun pelajaran  2015/2016  yang berjumlah  26  peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan Taksonomi Bloom terevisi yang terdiri dari  dimensi  pengetahuan  dan  proses berpikir.  Data penelitian  diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas pertanyaan peserta didik pada tindakan siklus I, siklus II dan siklus III secara berurutan adalah 84, 65 dan 82 sedangkan kuantitas pernyataan peserta didik adalah 155, 123 dan 167. Kualitas pertanyaan dan pernyataan   peserta   didik   teridentifikasi   pada   dimensi   pengetahuan   faktual, konseptual dan prosedural serta dimensi proses berpikir C1, C2, C3, C4 dan C5. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA 9 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

×
Penulis Utama : Alvionita Arum Puspawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312004
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Pertanyaan dan Pernyataan Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MIPA 9 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Biologi-K4312004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. rer.nat Sajidan, M.Si.
2. Dr. Sri Widoretno, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.