Penulis Utama : Asep Mintarto
NIM / NIP : S851202009
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan : (1) manakah pembelajaran yang memberikan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan teori van Hiele, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan model pembelajaran Langsung pada siswa kelas VII SMP di Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2013/2014; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa yang mempunyai efikasi diri tinggi, sedang, atau rendah; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik antara siswa dengan efikasi diri tinggi, sedang, atau rendah; (4) pada masing-masing kategori efikasi diri, manakah yang menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan teori van Hiele, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, atau model pembelajaran Langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kabupaten Semarang, yang terdiri atas 92 SMP negeri dan swasta pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A, VII-I, dan VII-J SMP Negeri 3 Ungaran sebagai perwakilan dari sekolah dengan kategori tinggi, seluruh siswa kelas VII-A, VII-C, dan VII-E SMP Negeri 5 Ambarawa sebagai perwakilan dari sekolah dengan kategori sedang, dan seluruh siswa kelas VII-A, VII-B, dan VII-C SMP Negeri 5 Ungaran sebagai perwakilan dari sekolah dengan kategori rendah. Tehnik sampel yang dipergunakan adalah stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes hasil belajar matematika dan instrumen angket efikasi diri siswa. Instrumen tes dan angket diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes dan angket dilakukan oleh validator, reliabilitas tes dan angket diuji dengan rumus Alpha. Analisis data menggunakan Anova Dua Jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran matematika materi pokok segiempat pada siswa SMP kelas VII di Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2013/2014 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan teori Van Hiele memberikan prestasi yang lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran Langsung, yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran Langsung; (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang memiliki efikasi diri tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki efikasi diri sedang dan rendah, siswa yang memiliki efikasi diri sedang lebih baik daripada siswa yang memiliki efikasi diri rendah; (3) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada ketiga model pembelajaran pada siswa dengan efikasi diri tinggi, sedang, dan rendah; (4) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada ketiga kategori efikasi diri pada  model pembelajaran STAD dengan pendekatan teori van Hiele, model pembelajaran STAD, dan model pembelajaran Langsung, tetapi pada siswa yang memiliki efikasi diri sedang menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran STAD dengan pendekatan teori van Hiele, model pembelajaran STAD, dan model pembelajaran Langsung. Prestasi belajar Matematika pada siswa melalui model pembelajaran STAD dengan pendekatan teori van Hiele  adalah yang tertinggi diikuti model pembelajaran STAD kemudian model pembelajaran Langsung.

×
Penulis Utama : Asep Mintarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851202009
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan Pendekatan Teori Belajar Van Hiele pada Materi Segiempat Ditinjau dari Efikasi Diri Siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S851202009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si
2. Dr. Dewi Retno Sari S, S.Si., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.