Penulis Utama : Ukhti Paundria Nagari
NIM / NIP : D1218046
×

ABSTRAK

Media sosial Twitter menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam hal yang sama, salah satunya yaitu ketertarikan terhadap informasi diskon produk. Twitter dijadikan sebagai forum untuk bertukar informasi terkait diskon produk. Country Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansah mengatakan sebanyak 61% pengguna Twitter di Indonesia gemar berbelanja online dan sekitar 39% pengguna Twitter di Indonesia senang mencari promo dan diskon di Twitter. Fenomena Twitter ini lah yang membuat munculnya akun-akun di Twitter yang membahas khusus mengenai diskon-diskon produk seperti akun @BerburuSale. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengevaluasi fenomena tersebut mengenai pengaruh motivasi penggunaan media, intensitas terpaan media, dan persepsi harga terhadap perilaku konsumtif berbelanja online pada pengikut akun @BerburuSale di media sosial Twitter.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and effects. Teori ini dikemukakan oleh Sven Windahl (1979). Pada teori ini isi media dan penggunaan media secara bersama-sama dapat menyebabkan terjadinya hasil yang disebut conseffects (consequences and effects).

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 399 orang responden. Penelitian ini menggunakan teknik survey melalui Google form pada bulan  Juli  2020.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis  regresi  linear berganda.

Berdasarkan  analisis  data  dapat  disimpulkan bahwa  terdapat  pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi penggunaan media, intensitas terpaan media  dan  persepsi  harga dengan perilaku  konsumtif  pada  pengikut akun @BerburuSale di media sosial Twitter. Diperoleh hasil pengujian bahwa pengaruh motivasi penggunaan  media  sebesar  17,3%,  intensitas terpaan  media  sebesar 27,3%, persepsi harga sebesar 24,2%, dan ketiga variabel tersebut secara simultan sebesar 35,1% terhadap perilaku konsumtif berbelanja online pada pengikut akun @BerburuSale di media sosial Twitter.

Kata Kunci: perilaku konsumtif, persepsi harga, motivasi penggunaan media, intensitas terpaan media, uses and effects theory

×
Penulis Utama : Ukhti Paundria Nagari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1218046
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Media Sosial Twitter (Pengaruh Motivasi Penggunaan Media, Intensitas Terpaan Media dan Persepsi Harga Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Pengikut Akun @BerburuSale di Media Sosial Twitter)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D1218046-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. Eko Setyanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.