Penulis Utama : Fathimah Al Zuhri
NIM / NIP : K3115016
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media kartu kuartet dalam meningkatkan keterampilan eksplorasi karier peserta didik SMP Negeri 1
Kartasura tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent Control Grup Design diambil dengan 20 subjek  yang terdiri dari 10  peserta didik untuk kelompok eksperimen  dan  10  peserta  didik  untuk  kelompok  kontrol.  Pemilihan  subjek dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan skala eksplorasi karier. Analisis data menggunakan mann withney dengan bantuan SPSS 17 .
Berdasarkan analisis yang diperoleh melalui uji mann withney pada skor posttest angka signifikansi yang dihasilkan adalah 0,014 < 0>Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik permainan simulasi dengan media kartu kuartet efektif untuk meningkatkan keterampilan eksplorasi karier peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2019/2020.
Saran bagi guru BK agar mengimplementasikan media kartu kuartet dalam 2 kali pertemuan minimal satu jam pelajaran. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti subjek yang berbeda jenjang dengan permasalahan yang sama serta menggunakan permainan simulasi jenis lain sehingga lebih mendapatkan keragaman penelitian.

Kata Kunci : Eksplorasi Karier, Kartu Kuartet, Permainan Simulasi, Peserta Didik SMP

×
Penulis Utama : Fathimah Al Zuhri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115016
Tahun : 2020
Judul : Keefektifan Teknik Permainan Simulasi dengan Media Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Keterampilan Eksplorasi Karier pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bimbingan dan Konseling-K3115016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd
2. Agus Tri Susilo, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.