Penulis Utama : Avika Putri Anggraini
NIM / NIP : K1216014
×

ABSTRAK

Avika Putri Anggraini. TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA TEKS IKLAN TOKO ONLINE EDISI AGUSTUS-DESEMBER 2019 DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) bentuk tindak tutur direktif dalam iklan toko online; (2) fungsi tindak tutur direktif yang terdapat pada teks iklan toko online; dan (3) relevansi hasil kajian tindak tutur direktif pada teks iklan toko online sebagai bahan ajar teks iklan siswa kelas VIII SMP.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data berupa dokumen,yaitu teks iklan toko online di YouTube dan informan. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling untuk pemilihan dokumen dan in-depth interview bersama narasumber. Triangulasi sumber data dan triangulasi teori digunakan untuk menguji validitas data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis flow model Miles dan Huberman.

Hasil analisis data dan pembahasan mengenai tindak tutur direktif dalam iklan toko online di YouTube menunjukkan simpulan sebagai berikut: (1) ditemukan enam bentuk tindak tutur direktif dalam teks iklan toko online, yaitu permintaan (requestive), pertanyaan (questions), perintah (requirements), larangan (prohibitives), pemberian izin (permissives), dan nasihat (advisories); (2) fungsi tindak tutur direktif dalam teks iklan toko online dibagi menjadi 13 fungsi, yaitu meminta, mendorong, mengajak, bertanya, memerintah, mengarahkan, mensyaratkan,  melarang,  membatasi,  menyetujui,  mengizinkan,  menasihatkan, dan menyarankan; dan (3) teks iklan toko online di Youtube edisi Agustus- Desember 2019 dapat digunakan sebagai bahan ajar menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP.

Kata Kunci: tindak Tutur Direktif, Teks Iklan, Bahan Ajar

×
Penulis Utama : Avika Putri Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216014
Tahun : 2020
Judul : Tindak Tutur Direktif Pada Teks Iklan Toko Online Edisi Agustus-Desember 2019 dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1216014-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.