Penulis Utama : Mounika Narendra Santi
NIM / NIP : E0016280
×

ABSTRAK

Mounika Narendra Santi. 2020. E0016280. IMPLEMENTASI ASAS TRANSPARAN. AKUNTABEL, DAN PARTISIPATIF DALAM MENGELOLA DANA DESA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA SEKARAN, KECAMATAN SIMAN, KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2019. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum. Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini mengkaji, pertama Bagaimana implementasi asas transparan. akuntabel, dan partisipatif dalam mengelola dana desa berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, kedua faktor yang menghambat pengimplementasian asas transparan. akuntabel, dan partisipatif dalam mengelola dana desa berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris bersifat deskriptif. Jenis bahan hukum meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum diperoleh secara langsung dari masyarakat melalui wawancara. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan, mengelompokkan, dan menyeleksi data yang diperoleh dari penelitian di lapangan, kemudian dihubungkan dengan teori-teori, asas-asas, dan kaidah-kaidah hukum yang diperoleh dari studi kepustakaan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asas transparan, akuntabel dan partisipatif dalam pengelolaan keuangan desa di Desa Sekaran Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo merupakan hal yang penting karena dapat menujukkan keadaan atau kondisi desa tersebut. Pemerintah Desa Sekaran berupaya untuk mengimplementasikan asas tersebut dalam mengelola keuangan desa khususnya dana desa walaupun dalam implementasi asas tersebut tentunya mengalami hambatan sehingga hal ini patut menjadi perhatian agar kedepannya Desa Sekaram Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo dapat menjalankan pengelolaan keuangan desa dengan dengam baik.

×
Penulis Utama : Mounika Narendra Santi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016280
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Asas Transparan, Akuntabel, Dan Partisipatif Dalam Mengelola Dana Desa Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Sekaran, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo Tahun 2019.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum- E0016280-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suranto, S.H., M.H
2. Maria Madalina, S.H.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.