Penulis Utama : Siti Rahmawati
NIM / NIP : K7116187
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk  membuktikan adanya perbedaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Pejagoan tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Serice Solution (SPSS) versi 16. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 263 siswa di sepuluh SDN se-Kecamatan Pejagoan. Pengambilan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji t independent sample t test, dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Pejagoan tahun 2019/2020. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan aplikasi Statistical Product and Serice Solution (SPSS) versi 16 didapatkan hasil nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2 tailed) tersebut < ? (0,05). Pada output pertama hasil pengujian hipotesis didapatkan jumlah siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah yaitu 103 dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa 75,37, sedangkan jumlah siswa yang tidak mengikuti bimingan belajar di luar sekolah yaitu 160 dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa 42,74. Selisih dari kedua rata-rata tersebut yaitu 32,63. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajr di luar sekolah sehingga hipotesis penelitian ini dapat diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dengan siswa yang tidak mengikuti bimbinan belajar di luar sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Pejagoan tahun 2019/2020.

Kata Kunci: Bimbingan Belajar di Luar Sekolah, Hasil Belajar Matematika

 

×
Penulis Utama : Siti Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116187
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sekecamatan Pejagoan Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116187-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.