Penulis Utama : Meirika Tri Asworowati
NIM / NIP : K7116112
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi positif antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Grabag tahun ajaran 2019/2020 dan mengetahui besarnya sumbangan kemandirian beajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Grabag tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di 37 SDN se-Kecamatan Grabag yang berjumlah 701 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 275 siswa kelas V di 14 SDN se-Kecamatan Grabag yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solusion (SPSS) versi 25. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data pada variabel kemandirian belajar dan tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi 0,05 dan menggunakan sumbangan efektif. Uji prasyarat analisis menggunakan normalitas dan linieritas.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 0,339 dengan nilai p-value = 0,000 (Sig. < 0>Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terbukti ada hubungan antara kemandirian belajar siswa yang tinggi dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Grabag tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil tingkat kemandirian belajar, menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi juga memiliki hasil belajar yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Namun, kemandirian belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Grabag masih tergolong rendah dengan hasil belajar matematika yang rendah pula.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika

 

×
Penulis Utama : Meirika Tri Asworowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116112
Tahun : 2020
Judul : Hubungan kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Grabag Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116112-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.