Penulis Utama : Hanaan Rofiiqoh
NIM / NIP : K7116070
×

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi positif antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kutoarjo tahun ajaran 2019/ 2020 dan mengetahui besarnya sumbangan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kutoarjo tahun ajaran 2019/ 2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di 39 SDN se-Kecamatan Kutoarjo yang berjumlah 808 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 300 siswa kelas V di tiga belas SDN se-Kecamatan Kutoarjo yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Serice Solution (SPSS) versi 16. Teknik pengumpulan berupa angket dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 0,05 dan mencari sumbangan. Uji prasyarat analisis menggunakan normalitas dan linearitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika (nilai Sig. 0,000 <
0,05), artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar matematika yang menunjukkan semakin tinggi minat belajar, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar matematika siswa. Begitupun sebaliknya, semakin rendah minat belajar, maka akan semakin rendah pula hasil belajar matematika siswa. Minat belajar memberikan sumbangan terhadap hasil belajar matematika sebesar 20,91 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kutoarjo tahun ajaran 2019/ 2020 dengan minat belajar memberikan sumbangan sebesar 20,91 % terhadap hasil belajar.

Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika.

 

×
Penulis Utama : Hanaan Rofiiqoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116070
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Kutoarjo Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116070 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti S., M.Pd.
2. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.