Penulis Utama : Mohammad Okki A
NIM / NIP : F3517033
×

ABSTRAK

Produk cacat adalah produk yang dihasilkan dalam proses produksi, dimana produk yang dihasilkan tersebut tidak sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. Tujuan Penelitian tugas akhir ini adalah untuk memperoleh penjelasan mengenai faktor yang menyebabkan kerusaksan produk pada divisi sewing PT. Jaya Asri Garmindo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yaitu metode yang mengambil satu objek tertentu untuk dianalisis secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Jenis pengumpulan data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui kuisioner yang diberikan kepada karyawan bagian sewing dan wawancara terhadap supervisor bagian sewing, sedangkan data sekunder didapat melalui sumber tertulis berupa buku refrensi yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Jaya Asri Garmindo dalam proses produksinya sudah sesuai dengan prosedur akan tetapi masih ada kasus kecacatan produk yang  out  of  control.  Kecacatan produk ini didominasi karena faktor  sewing. Diketahui penyebab kecacatan produk pada bagian sewing adalah karena mesin jahit yang belum optimal, karyawan baru dan order yang menumpuk.

Pihak  manajemen lebih memperhatikan pembuatan jadwal untuk penyelesaian order diatur agar tidak menyebabkan overload pada saat penyelesaian  dan memberikan line khusus terhadap karyawan baru. Perusahaan juga harus memperhatikan kondisi mesin jahit dengan cara melakukan perawatan secara rutin. Dengan saran yang diberikan oleh peneliti diharapkan PT. Jaya Asri Garmindo dapat meminimalisirkan kerusakan produk cacat pada bagian sewing

Kata kunci : pengendalian kualitas, kualitas produk, produk cacat

×
Penulis Utama : Mohammad Okki A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3517033
Tahun : 2020
Judul : Quality Control: Faktor Penyebab Produk Reject (Studi Kasus Divisi Sewing PT. Jaya Asri Garmindo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi Manajemen Bisnis-F3517033-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haryanto, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.