Penulis Utama : Nurhayati
NIM / NIP : R0017086
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Postur kerja statis yang apabila dilakukan secara berulang dan dalam  jangka   waktu   yang   lama   dapat   mengakibatkan  pekerja   mengalami gangguan muskuloskeletal dan gangguan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis postur kerja pekerja di area Injection Molding (IM) PT Albea Rigid Packaging Surabaya berdasarkan metode RULA.

Metode : Jenis penelitian adalah observasional dengan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan dan wawancara dengan penanggungjawab area IM secara online. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode RULA, kemudian perolehan grand score dikategori berdasarkan action level dari RULA.

Hasil : Berdasarkan empat aktivitas area IM yang menggunakan bantuan manusia yang dilakukan oleh empat orang, postur kerja pada aktivitas feeder memperoleh grand score 7 dengan tingkat  aksi/action level 4 dengan tingkat risiko  sangat tinggi, aktivitas treatment produk memperoleh grand score 4 dan seleksi produk memperoleh grand  score  3  dengan tingkat  aksi/action  level  2  dengan tingkat risiko sedang, dan aktivitas packing produk memperoleh grand score 5 dengan tingkat aksi/action level 3 dengan tingkat risiko tinggi.

Simpulan : Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa postur kerja pekerja pada area IM PT Albea Rigid Packaging adanya investigasi dan perbaikan secepat mungkin. Adapun saran perbaikan yang dapat penulis berikan terhadap  kasus  ini diantaranya  mengadakan  perbaikan  postur  kerja,  perbaikan desain stasiun kerja, pelatihan, sosialisasi, inspeksi rutin dan poster terkait posisi tubuh  yang  ergonomi pada  saat  bekerja,  serta pemakaian  APD  berupa  korset punggung sebagai pencegahan terhadap PAK dan KAK akibat postur kerja yang tidak ergonomis.

Kata kunci : Postur Kerja, Rapid Upper Limb Assessment.

 

×
Penulis Utama : Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017086
Tahun : 2020
Judul : Analisis Postur Kerja dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) pada Pekerja di Area Injection Molding PT Albea Rigid Packaging Surabaya Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017086-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.