Penulis Utama : Noorma Aulia Ramadhan
NIM / NIP : R0017082
×

ABSTRAK


Latar Belakang : Higiene sanitasi merupakan upaya untuk mengendalikan faktor risiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan baik yang berasal dari bahan makanan, orang, tempat, peralatan agar aman dikonsumsi.  PT. Aneka Tambang Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor Jawa Barat adalah salah satu perusahaan pertambangan yang memiliki jumlah pekerja kurang lebih 1000 orang. Bersamaan dengan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 01/MEN/1979 tentang Pengadaan Kantin dan Ruang Makan. Evalauasi penerpan higiene sanitasi jasa boga di kantin  dengan membandingkan pada standard higiene sanitasi jasa boga berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096 Tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasa Boga.
 
Metode :Metode penelitian menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran hasil evaluasi penerapan higiene dan sanitasi jasaboga. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dibahas dan dibandingkan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096/MENKES/PER/VI/2011 Tentang Higiene Sanitasi Jasaboga.
Hasil : Evaluasi kesesuaiaan higiene sanitasi jasa boga di kantin meliputi penyediaan bangunan, penyediaan fasilitas sanitasi, peletakan peralatan, perilaku ketenagaan, pengolahan makanan dan pemeriksaan higiene sanitasi, pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan,pengolahan makanan,penyimpanan makanan jadi atau masak, dan penyajian makanan.

Simpulan : Evaluasi kesesuaian penerapan higiene sanitasi jasa boga di kantin PT. ANTAM Tbk. UBPE Pongkor Jawa Barat sebagian besar telah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096 Tahun 2011. Namun, masih terdapat beberapa ketidaksesuaian  terutama dari segi persyaratan teknis khususnya darii segi bangunan dan fasilitas sanitasi.

Kata Kunci :Evaluasi, Higiene Sanitasi, Kantin

 

×
Penulis Utama : Noorma Aulia Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017082
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Higiene Sanitasi Jasa Boga di Kantin PT.Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor Jawa Barat Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096 Tahun 2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017082-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti,dr.,M.Sc,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.