Penulis Utama : Hilal Izzuddin Waliyullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415025
Tahun : 2020
Judul : Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Pondok Pesantren Modern Al Amin Palur
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4415025-2020
Subyek : PENDIDIKAN KARAKTER, PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM, PONDOK PESANTREN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Pondok Pesantren Modern Al Amin Palur; (2) implementasi nilai-nilai karakter yang ada pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam kehidupan sehari-hari santri pada Pondok Pesantren Modern Al Amin Palur.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dipadukan dengan teknik time sampling. Teknik validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yaitu interaksi antara pengumpulan data dengan tiga komponen analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi secara siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Pondok Pesantren Al Amin terdapat perbedaan antara MTs dan SMA. Perbedaan terletak pada penggunaan kurikulum dimana MTs menggunakan K13 dan SMA menggunakan kurikulum pondok pesantren. Perbedaan penggunaan kurikulum berpengaruh terhadap perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di dalam kelas. Nilai-nilai karakter telah dicantumkan dalam proses pembelajaran SKI dan antara MTs dan SMA memiliki nilai-nilai karakter tersendiri. (2) implementasi nilai-nilai karakter seperti kepemimpinan, kebijaksanaan, keikhlasan, kesabaran, ketekunan, dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari diintegrasikan dalam kegiatan santri mulai dari bangun pagi hingga malam hari seperti sholat berjamaah, tadarus, hafalan, mutolaah, dan belajar. Sebagian besar santri telah mengamalkan nilai-nilai karakter yang ada dalam Sejarah Kebudayaan Islam dalam kehidupan sehari-hari, namun masih terdapat beberapa santri yang melakukan kenakalan-kenakalan kecil seperti ghosob, tidur di kelas, membolos dan melanggar tata tertib pondok.

Kata Kunci : pendidikan karakter, pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, pondok pesantren.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB 1.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP