Penulis Utama : Dina Sri Utami
NIM / NIP : K4417027
×

Dina Sri Utami. K4417027. KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM KARYA AZ-ZARNUJI SEBAGAI SUMBER PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA DARUNNAJAH TRENGGALEK. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’alim karya Az-Zarnuji di MA Darunnajah (2) menemukan alasan kitab Ta’limul Muta’alim karya Az-Zarnuji penting sebagai sumber penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Darunnajah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi informan dan dokumen. Teknik  pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara semistruktur. Validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu interaksi antara pengumpulan data dengan tiga komponen analisis yang meliputi  reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai pendidikan karakter dalam Ta’limul Muta’alim yaitu nilai religius (dalam fasal 1 Az-Zarnuji menasehati agar orang Islam harus mengetahui hal-hal yang wajib menjadi tuntutannya; fasal 2 Az-Zarnuji menganjurkan pelajar untuk mengawali belajar dengan niat mencari ridha Allah Swt; fasal 7 Az-Zarnuji menganjurkan pelajar mempunyai sikap tawakal;  fasal 11 Az-Zarnuji membahas tentang waro'; fasal 13 Az- Zarnuji menasehati pelajar agar berdoa di waktu antara terbit fajar hingga masuk waktu sholat), nilai menghargai prestasi (fasal 4 Az-Zarnuji memberi nasehat pelajar untuk mengagungkan ilmu dan guru agar memperoleh kesuksesan dan manfaat), nilai peduli sosial (fasal 13 Az-Zarnuji memberi nasehat agar pelajar berbuat baik, meninggalkan perbuatan yang menyakiti, menghormati yang lebih tua dan bersilaturahmi). Kedua, kitab Ta’limul Muta’alim dapat dimanfaatkan untuk penguatan nilai karakter dalam pembelajaran SKI karena mengandung dalil Al-Qur’an, Hadis serta nasehat yang ditujukan bagi penuntut ilmu pada masa itu supaya tidak meninggalkan sunah belajar untuk mendapatkan keberhasilan dalam proses belajar. 

Kata kunci: Pendidikan karakter, sejarah kebudayaan Islam, Ta’limul Muta’alim

×
Penulis Utama : Dina Sri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4417027
Tahun : 2022
Judul : Kitab Ta'limul Muta'alim Karya Az-Zarnuji sebagai Sumber Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Darunnajah Trenggalek
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Pendidikan karakter, sejarah kebudayaan Islam, Ta’limul Muta’alim
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S.,M.Pd.
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Sutiyah, M.Pd, M.Hum
2. Nur Fatah Abidin, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.