Penulis Utama : Sarah Chinthya Dhevie
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1218040
Tahun : 2020
Judul : Analisis Semiotika Representasi Kasih Sayang Keluarga dalam Film Lemantun Karya Wregas Bhanuteja
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP, Jur. Ilmu Komunikasi-D1218040-2020
Subyek : FILM, LEMANTUN, SEMIOTIKA ROLAND BARTHES, KASIH SAYANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Film merupakan media komunikasi massa yang menjangkau banyak segmen sosial masyarakat. Film memiliki kemampuan untuk mengantar pesan secara unik. Pesan termasuk ke dalam komponen komunikasi massa. Film yang diteliti adalah film Lemantun. Film Lemantun mengisahkan tentang seorang Ibu mencoba membagikan warisan kepada kelima orang anaknya. Film Lemantun menjadi salah satu film yang cukup dicari dan menjadikan film ini menarik untuk diteliti. Film berhasil mendapatkan sekaligus 3 penghargaan film pendek terbaik sepanjang tahun 2015. Film ini berada di posisi teratas pencarian film pendek 2014 di Youtube. Total penonton film Lemantun hingga 20 November 2020 sebanyak
1.433.451 kali, dengan 50.000 like. Film Lemantun berhasil masuk ke dalam jajaran film  di  IMDb (Internet  Movie Database) dan  mendapat  rating sebesar  8,5/10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan moral berupa representasi kasih sayang keluarga dalam film Lemantun.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial yang dikembangkan oleh Peter L. Berger. Teori ini membahas tentang makna dan dan penafsiran masyarakat atas suatu wacana yang dikonstruksi dalam jaringan masyarakat. Selain itu, teori semiotika Roland Barthes juga digunakan, dimana teori ini menganalisis tanda melalui denotasi, konotasi, dan mitos.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis semiotika model Roland Barthes. Sumber penelitian berasal dari rekaman film dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan simbol-simbol komunikasi secara visual dan audio, lalu analisis pemaknaan dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui representasi kasih sayang keluarga dalam film tersebut melalui 3 kategori, yaitu kasih sayang Ibu kepada anak yang merepresentasikan karakteristik ibu yang baik berupa kelembutan, ketegasan, kekuatan, keinginan untuk melindungi, menerima, dan membahagiakan anak- anaknya. Lalu kasih sayang anak kepada Ibu yang direpresentasikan dalam bentuk perilaku altruisme dan empati. Dan yang terakhir, kasih sayang antar anak yang direpresentasikan melalui kepribadian anak yang berbeda. Kasih sayang tersebut tercermin dalam bentuk keakraban, kerelaan hati, tolong menolong, kepedulian, dan keinginan untuk membahagiakan saudara.

Kata Kunci: Film, Lemantun, Semiotika Roland Barthes, Kasih Sayang

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP