Penulis Utama : Desi Riyantika
NIM / NIP : K1216021
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) tokoh novel; (2) perwatakan; (3) teknik pelukisan tokoh; (4) nilai pendidikan karakter; dan (5) relevansi novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari kata, kalimat, atau ungkapan dalam novel. Sementara sumber data diperoleh dari dokumen novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie sebagai sumber data primer dan sumber data informan sebagai sumber data sekunder. Adapun pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara informan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini, yaitu (1) ada 37 tokoh novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie yang dibedakan menjadi 6 tokoh utama, 31 tambahan, 9 antagonis, dan 28 protagonis; (2) perwatakan tokoh meliputi baik hati, suka menolong, hebat, cerdik, pantang menyerah, pengertian, rela berkorban, mencintai Beliau, setia, patuh, peka, cerdas, rendah hati, kritis, skeptis, bijaksana, pandai, berpengetahuan, ramah, lembut, sabar, pandai berbicara, jahat, kejam, suka menghasut, pekerja keras, berbakti kepada suami, rajin, peduli kebersihan, suka kerapian, apatis terhadap kebersihan, pemberani, nekat, penuh kewaspadaan, berhati-hati, kurang ajar, pasrah, apa adanya, tabah, tertutup, perasa, angkuh, serba mewah, dermawan, murah hati, sederhana, awas, cermat, dewasa, menepati janji, penyayang, putus asa, sumarah, dan rakus; (3) teknik pelukisan terdiri dari gabungan kedua teknik namun teknik dramatik mendominasi teknik pelukisan tokoh pada novel; (4) nilai pendidikan karakter novel meliputi religius, peduli sosial, kerja keras, dan rasa ingin tahu; dan (5) novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Pemanfaatan ini memenuhi KD 3.1 dan 3.9 kelas XII SMA menggunakan metode diskusi kelompok dengan model pembelajaran penugasan, jigsaw, dan talking stick.

Kata Kunci : penokohan, nilai pendidikan karakter, materi ajar apresiasi sastra

×
Penulis Utama : Desi Riyantika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1216021
Tahun : 2020
Judul : Penokohan dan Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Semua Ikan di Langit Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-K1216021-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko Wardani, S.S., M.Hum.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.