Penulis Utama : Febri Aris Munandar
NIM / NIP : K5415023
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui kesiapsiagaan individu-rumah tangaa di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen dalam menghadapai bencana banjir. (2) Mengetahui kesiapsiagaan kelembagaan masyarakat di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen dalam menghadapai bencana banjir.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Keluarga (KK) yang ada di 5 desa wilayah penelitian serta kelembagaan masyarakat seperti LMPD/LPMK, Karangtaruna, PKK dan KSB jika ada di 5 desa wilayah peneitian tersebut dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling dan purposive sampling.  Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan  dengan panduan rumus indeks yang bersumber dari LIPI (2006) dan dijabarkan secara deskriptif.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Kesiapsiagaan individu-rumah tangga di Kecamatan Sidoharjo termasuk dalam kategori siap dengan nilai indeks rata-rata 76,402. Parameter Pengetahuan dan sikap temasuk dalam kategori sangat siap dengan nilai indeks 87,15. Parameter Rencana Tanggap Darurat termasuk dalam kategori hampir siap dengan nilai indeks rata-rata 62,85. Parameter Sistem Peringatan Bencana termasuk dalam kategori sangat siap dengan indeks rata-rata 81,56. Parameter Mobilisasi Sumberdaya temasuk dalam kategori  dengan indeks 59,1. (2) Kesiapsigaan kelembagaan masyarakat di Kecamatan Sidoharjo termasuk dalam kategori cukup siap dengan nilai indeks rata-rata 58,056. Parameter Pengetahuan dan sikap termasuk dalam kategori siap dengan nilai indeks rata-rata 78,58. Parameter Rencana Tanggap Darurat termasuk dalam kategori cukup siap dengan nilai indeks rata-rata 46,99. Parameter Sistem Peringatan Bencana termasuk dalam kategori siap dengan nilai indeks rata-rata 70,16. Parameter Mobilisasi Sumberdaya termasuk dalam kategori cukup siap dengan nilai indeks rata-rata 48,732.

Kata Kunci : Kesiapsiagaan, banjir, individu-rumah tangga, kelembagaan masyarakat

 

×
Penulis Utama : Febri Aris Munandar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5415023
Tahun : 2020
Judul : Kesiapsiagaan Individu-Rumah Tangga dan Kelembagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5415023 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yasin Yusup, S.Si.,M.Si.
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.