Penulis Utama : Muhtar Husnadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316034
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Application pada Platform Android dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMA Kelas X pada Materi Gerak Parabola
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2316034 - 2020
Subyek : MEDIA PEMBELAJARAN, WEB APPLICATION, BERBASIS ANDROID, PENDEKATAN SAINTIFIK, GERAK PARABOLA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana cara pengembangan media pembelajaran berbasis web application pada platform android dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMA kelas X pada materi gerak parabola; (2) Menghasilkan media pembelajaran berbasis web application pada platform android yang layak digunakan sebagai sumber belajar.
Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah pengembangan, berdasarkan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan media pembelajaran hanya dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari 5 tahapan yaitu
(1)    analysis; (2) design; (3) development. Data yang diperoleh meupakan data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 guru fisika SMA, dan 110 peserta didik. Guru dan peserta didik berasal dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 1 Sragen, SMA Negeri 2 Sragen, dan SMA Negeri 3 Sragen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis web application pada platform android dengan pendekatan saintifik pada siswa SMA kelas x diawali dengan menentukan materi apa yang akan dipilih, disini dipilih materi gerak parabola, kemudian menentukan KI, KD, serta membuat peta konsep yang akan menjadi dasar isi aplikasi, selanjutnya adalah membuat diagram alir serta storyboard yang akan menjadi dasar navigasi dan tampilan aplikasi, langkah selanjutnya adalah dengan membuat website untuk aplikasi kemudian dikonversi menjadi aplikasi android, dan tahap terakhir adalah proses validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, yang selanjutnya dilakukan tahap uji coba terhadap guru dan peserta didik; (2) Hasil validasi media pembelajaran berbasis web application pada platform android dengan pendekatan saintifik pada siswa SMA kelas X yang dilakukan oleh ahli, guru serta peserta didik memenuhi kriteria sangat valid sehingga layak digunanakan dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Web Application, Berbasis Android, Pendekatan Saintifik, Gerak Parabola.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si, M.Si
2. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP