Penulis Utama : Abdul Latif Rifa’ Fakhrurozi
NIM / NIP : K5416001
×

Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui (1) tingkat dan sebaran kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana tsunami pada masyarakat pesisir dan (2) tingkat dan sebaran resiliensi masyarakat terhadap bahaya bencana tsunami pada masyarakat pesisir Kabupaten Purworejo tahun 2020. Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai, penelitian ini menggunakan mixed method. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dan purposive sampling. Teknik    pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperuntukkan kepada responden, serta wawancara dokumentasi dan observasi untuk memperdalam.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa studi ini memberi informasi tingkat kesiapsiagaan dan resiliensi komunitas menghadapi ancaman bencana tsunami pada 16 desa di sepanjang pesisir Purworejo. Hasil keseiapsiagaan yaitu (1) dari 16 desa 2 diantaranya berstatus tinggi (Desa Keburuhan dan Desa Ngentak), 2 rendah (Desa Depokrejo dan Desa Karanganyar) dan selebihnya sedang. (2)   Kemudian untuk resiliensi komunitas   menunjukan indeks dengan perbedaan yang tidak signifikan antar desa, semua berada pada tingkat sedang atau caution zone.

Kata Kunci : Tsunami Megatrust, Kesiapsiagaan, Resiliensi Komunitas, Purworejo

 

×
Penulis Utama : Abdul Latif Rifa’ Fakhrurozi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416001
Tahun : 2020
Judul : Kesiapsiagaan dan Resiliensi Komunitas Terhadap Bencana Tsunami di Pesisir Kabupaten Purworejo Tahun 2020 (Implemetasi pada Pembelajaran Geografi Kelas XI KD 3.7 Menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam melalui edukasi, kearifan lokal dan pemanfaatan teknologi modern)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi- K5416001 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.
2. Dr. Yasin Yusup, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.