Penulis Utama : Khalifah Ahmad Zaki
NIM / NIP : K2516038
×

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui karakteristik perambatan  api  dengan  variasi  posisi  sudut  antar  droplet  dan  bahan  bakar (biosolar B30 dan dexlite) pada kondisi microgravity.
Penelitian ini menggunakan metode pengukuran langsung yang dilakukan pada kondisi microgravity dengan variasi posisi sudut antar droplet bahan bakar menggunakan bahan bakar biosolar B30 dan dexlite. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan sebanyak 3 kali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik analisis deskriptif menjelaskan dan menafsirkan data yang ada berupa hasil perekaman oleh kamera yang terpasang. Pengolahan data menggunakan software BeeCut, Free Video to JPG Converter, dan MS Office Excel, dengan membandingkan hasil pengujian yang terjadi pada variasi posisi sudut antar droplet dan bahan bakar yang digunakan. Lokasi penelitian dilaksanakan di Laboratorium Energy Convension and Combustion Laboratory (ECCL) Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan variasi posisi sudut antar droplet dan bahan bakar biosolar B30 dan dexlite terhadap  karakteristik perambatan  api.  Jarak maksimal perambatan api biosolar B30 dan dexlite adalah sama yaitu S/d0  = 6,32. Waktu perambatan api dan laju perambatan api dexlite lebih cepat dari biosolar B30. Pada S/d0  yang sama, semakin besar sudut ? yang dihasilkan maka semakin besar laju perambatan api yang dihasilkan.

Kata kunci: Microgravity, Droplet, Perambatan Api, Bahan Bakar

 

×
Penulis Utama : Khalifah Ahmad Zaki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516038
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Variasi Posisi Sudut Antar Droplet dan Bahan Bakar (Biosolar B30 dan Dexlite) Terhadap Karakteristik Perambatan Api pada Kondisi Microgravity
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Mesin - K2516038 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd.,M.T.
2. Ir. Husin Bugis, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.