Penulis Utama : Muhammad Insanjati Bhayangkara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516048
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penggunaan Variasi Bahan Bakar dan Interaksi Droplet Terhadap Jarak dan Laju Perambatan Flame Diesel Fuel pada Kondisi Microgravity
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Teknik Mesin - K2516048 - 2020
Subyek : MICROGRAVITY, PERAMBATAN FLAME, DROPLET, INTERAKSI DROPLET, DIESEL FUEL, SPRAY COMBUSTION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi bahan bakar diesel dan interaksi droplet terhadap jarak dan laju perambatan flame pada fix droplet arrangement (droplet yang tersusun tetap) dalam kondisi microgravity.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Box experiment dibuat untuk meletakkan droplet bahan bakar di persilangan SiC fiber yang dipasang pada dudukan SiC fiber di dalam box experiment. Box experiment dijatuhbebaskan dari drop tower ketinggian 6 meter untuk menciptakan kondisi microgravity. Variasi bahan bakar diesel yang digunakan adalah dex, dexlite, biosolar b30 dan campuran (50% pertamina dex : 50% biosolar). Pengujian dilakukan dengan memasang kamera iPhone 6 untuk merekam video pembakaran di dalam box experiment. Hasil video dipotong untuk mengurangi durasi menjadi 5 detik menggunakan aplikasi beecut dan diubah menjadi FPS dengan aplikasi free video converter untuk mendapatkan waktu perambatan api. Waktu perambatan api dihitung untuk mengetahui laju perambatan api dengan cara menghitung perpindahan setiap frame. Pengujian dilakukan di Kampus V JPTK UNS Pabelan, Sukoharjo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. penggunaan variasi bahan bakar diesel meningkatan jarak perambatan flame dengan jarak perambatan terjauh terjadi pada bahan bakar dex yakni SBC/d0 = 9 dan laju perambatan flame dengan rata-rata laju perambatan tercepat terjadi pada bahan bakar dex yakni 34,762 mm/s serta jarak perambatan terjauh dan laju perambatan flame tercepat adalah dex, bahan bakar campuran (50% pertamina dex : 50% biosolar), dexlite, biosolar b30, 2. penggunaan interaksi droplet berpengaruh dalam peningkatan jarak perambatan flame dimana jarak perambatan flame bertambah lebih jauh akibat adanya interaksi droplet dan berpengaruh dalam penurunan laju perambatan flame dimana laju perambatan flame menurun akibat adanya interaksi droplet pada fix droplet arrangement (doplet yang tersusun tetap) dalam kondisi microgravity.

Kata Kunci: Microgravity, perambatan flame, droplet, interaksi droplet, diesel fuel, spray combustion

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si
2. Dr.Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP