Penulis Utama : Diah Estry Nur Aisyah
NIM / NIP : K7117055
×

Pendidikan karakter berperan dalam penanaman karakter peserta didik untuk membentuk pribadi anak di era revolusi industri 4.0 dan pandemi covid 19. Oleh karena itu, dibutuhkan buku peserta didik yang juga mengandung nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan materi pembelajaran Bahasa Indonesia dan keterampilan berbahasa berbasis pendidikan karakter dalam buku peserta didik kelas IV SD tema Kurikulum 2013 “Peduli terhadap Makhluk Hidup”.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Data dalam penelitian ini berupa keterampilan berbahasa dan 10 nilai karakter menurut Permendikbud No. 20 Tahun 2018 yaitu: toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sumber data berasal dari Materi Bahasa Indonesia pada buku peserta didik kelas IV SD tema 3 edisi revisi 2017 dan studi pustaka. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen. Validitas data menggunakan validitas semantik, sedangkan reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas stabilitas. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing. Prosedur penelitian diawali dengan memilih objek penelitian yang diakhiri dengan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat 10 nilai karakter dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada buku peserta didik dan memuat keempat keterampilan berbahasa. Frekuensi kemunculan nilai pendidikan karakter dan muatan keterampilan berbahasa tidak disajikan secara merata. Nilai pendidikan karakter didominasi oleh nilai toleransi, kreatif, demokrasi, dan bersahabat/komunikatif, sedangkan keterampilan berbahasa lebih ditekankan pada keterampilan berbicara dan menulis. Oleh karenanya, guru hendaknya memberikan penekanan terhadap nilai karakter dan keterampilan berbahasa lainnya yang kurang dimunculkan.

Kata Kunci: pendidikan karakter, materi pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, buku peserta didik.

 

×
Penulis Utama : Diah Estry Nur Aisyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117055
Tahun : 2021
Judul : Analisis Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter dalam Buku Peserta Didik Kelas IV SD Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” Kurikulum 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117055 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.