Penulis Utama : Suciani Alfiah
NIM / NIP : K7117216
×

Motivasi merupakan suatu keadaan seseorang yang dapat menimbulkan dorongan-dorongan untuk melakukan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu. Tanpa adanya motivasi peserta didik tidak memiliki dorongan untuk belajar. Penyebab rendahnya motivasi belajar disebabkan oleh faktor keluarga, lingkungan dan guru. Selain itu, penyebab lainnya yaitu: 1) Terlalu menggampangkan mata pelajaran IPS, 2) Faktor lingkungan keluarga yang tidak mendukung, 3) Suasana kelas yang kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penyebab rendahnya motivasi belajar dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V SD Negeri Tegalejo No.98 Surakarta.
Metodologi penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas V. Namun, data yang terkumpul hanya 22 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis datanya menggunakan empat tahapan yakni 1) Pengumpulan data; 2) Reduksi data; 3) Penyajian data; 4) Penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian berdasarkan hasil wawancara dan angket  yaitu penyebab rendahnya motivasi belajar dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V SD Negeri Tegalrejo No.98 Surakarta adalah 1) Tuntutan untuk mempelajari IPS dengan materi yang banyak; 2) Rasa malu yang tinggi, kegiatan belajar yang kurang menarik; 3) Kurang menyerap materi IPS karena siswa malas mengulang membaca; 4) Mengeluh, merasa tertekan karena materi IPS harus banyak dibaca; 5) Motivasi belajar rendah karena metode mengajar guru kurang menarik; 6) Metode pengajaran kurang menarik.

Kata Kunci: Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS

 

×
Penulis Utama : Suciani Alfiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117216
Tahun : 2020
Judul : Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7117216 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono M.Pd
2. Dra. Siti Istiyati, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.