Penulis Utama : Uswatun Chasanah
NIM / NIP : S991608013
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan kelayakan Pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis android dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk siswa SMA Negeri di Surakarta; 2) Keefektifan pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis android dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri di Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model prosedual penelitian pengembangan Borg & Gall. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 5 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta. Teknik pengambilan sempel menggunakan simple purposive. Sampel pada penelitian ini sebanyak 69 peserta didik yang meliputi 15 peserta didik SMA Negeri 5 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta sebagai kelompok uji coba teratas, 28 peserta didik SMA Negeri 5 Surakarta sebagai kelompok uji coba Luas, 26 SMA Negeri 8 Surakarta sebagai kelompok uji coba Luas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini berdasarkan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial peserta didik melalui uji t-test.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1) Media pembelajaran ekonomi berbasis android dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) layak digunakan sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Negeri di Surakarta. Hal ini ditunjukan dengan hasil validasi ahli media sebesar 96, ahli materi sebesar 95, ahli bahasa 95, praktisi I sebesar 93, dan praktisi II sebesar 96 ; 2) Media pembelajaran ekonomi berbasis android dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik, Hasil ini ditunjukan dengan hasil nilai Sig,< 0> ttabel yaitu 8,224 >  2,007.


Kata Kunci :Media Pembelajaran Ekonomi,Android,Projec Based Learning,SMA

 

×
Penulis Utama : Uswatun Chasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991608013
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Ekonomi - S991608013 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si.
2. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.