Penulis Utama : Alfonsus David Adi Rismawan
NIM / NIP : K7114009
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SD Negeri 11 Ngringo tahun ajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 11 Ngringo, tahun ajaran 2017.2018 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rerata nilai pemahaman konsep bangun ruang oleh siswa dan ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Rata-rata nilai pemahaman konsep bangun ruang adalah 65,44 pada pra siklus, 68,12 pada siklus I, dan 74,69 pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada rerata nilai pemahaman konsep bangun ruang pada tiap siklus. Sementara itu, ketuntasan klasikalnya adalah 31,25% pada pra siklus, 40,62% pada siklus I, dan 82,25% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada ketuntasan klasikal pada tiap siklus.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 11 Ngringo tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci :Two Stay Two Sray (TSTS), pemahaman konsep bangun ruang.

 

×
Penulis Utama : Alfonsus David Adi Rismawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114009
Tahun : 2021
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7114009
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd
2. Dr. Suharno, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Idam Ragil W. A, S.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.