Penulis Utama : Retno Suprihatin
NIM / NIP : K7114142
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan pemahanan konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No.
204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam   dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri  dari dua pertemuan. Kegiatan  yang dilaksanakan   dalam setiap  siklus  meliputi  perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan,  dan    refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari empat tahab yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil   penelitian   ini   adalah     melalui   penerapan   model   pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa kelas VI SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas kemampuan pemahaman konsep operasi hitung berbagai bentuk pecahan siswa pada pratindakan adalah 61,42 dengan ketuntasan klasikal 39,39% meningkat menjadi
79,17 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75,76%. Kemudian pada akhir siklus II, nilai rata-rata kemampuanpemahaman konsep  operasi hitung berbagai bentuk  pecahan  siswa  meningkat  menjadi  86,42  dengan  ketuntasan  klasikal
90,91%.

 

×
Penulis Utama : Retno Suprihatin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114142
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Berbagai Bentuk Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SD Negeri Karangasem IV No 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114142-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U
2. Dra. Lies Lestari, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.