Penulis Utama : Feberiani Diana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8117025
Tahun : 2021
Judul : Spiritual Parenting pada Anak Usia Dini
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Feberiani Diana Putri, K8117025. SPIRITUAL PARENTING PADA ANAK USIA DINI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2021.

Mengasuh anak merupakan kewajiban dan tanggung jawab orang tua karena anak adalah karunia Tuhan. Pengasuhan harus melibatkan Tuhan yang disebut dengan spiritual parenting. Parenting Islami adalah suatu pengasuhan yang berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam, Al-Qur’an dan As-Sunnah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggali spiritual parenting pada anak usia dini di Dusun Jrakah Kelurahan Delingan Kecamatan Karanganyar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, subyek dan teknik. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Creswell.

Hasil penelitian: Pelaksanaan spiritual parenting yang dilakukan oleh orang tua pada anak di Dusun Jrakah, Kelurahan Delingan, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar adalah: dengan memberikan teladan, pembiasaan, nasehat dan dibantu dengan menggunakan media audio visual. Metode yang dilakukan orang tua tersebut mampu menumbuhkan spiritual anak, sehingga anak mengenal Allah. Namun anak belum mampu mengucapkan kalimat tauhid bahwa Allah itu esa dan Rasulullah adalah utusan-Nya. Hal itu dikarenakan orang tua tidak mendiktekan kalimat tauhid pada anak. Orang tua dalam memberikan teladan membaca al-Quran pada anak masih kurang, sehingga anak kadang tidak mau belajar membaca al-Quran. Oleh karena itu perlu adanya solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut. Dia antara solusinya bagi orang tua untuk melaksanakan spiritual parenting sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh ahli sepenuhnya. Mengajarkan dan mendiktekan kalimat tauhid pada anak, serta tidak bosan memberikan teladan untuk membaca al-Quran dengan melibatkan angota keluarga yang lain.

Kata kunci: spiritual parenting, orang tua, anak usia dini

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Skripsi_Feberiani cover.pdf
Skripsi_Feberiani bab 1.pdf
Skripsi_Feberiani bab 2.pdf
Skripsi_Feberiani bab 3.pdf
Skripsi_Feberiani bab 4.pdf
Skripsi_Feberiani bab 5.pdf
Skripsi_Feberiani daftar pustaka.pdf
Skripsi_Feberiani lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Anayanti Rahmawati, S.Psi, Psi, M.A
2. Nurul Shofiatin Zuhro, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP