Penulis Utama : Johana Laudrie Caroline
NIM / NIP : D1219024
×

Johana Laudrie Caroline. D1219024. 2021. Representasi Karakteristik dan Peran Perempuan dalam Lingkup Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) pada Film (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Film Korea Selatan “Space Sweepers” (2020)). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Film merupakan bagian dari media massa yang sering kali digunakan untuk menggambarkan kehidupan sosial masyarakat. Salah satu film yang dimanfaatkan dalam tujuan tersebut yakni Film Space Sweepers. Film ini menceritakan sekelompok pembersih luar angkasa dengan latar belakang waktu tahun 2092, saat Bumi sudah tidak layak huni bagi manusia. Peran perempuan lingkup sains, teknologi, engineering, dan matematika (STEM) pada film ini dapat dikatakan memiliki penayangan yang sedikit, peran laki-laki dalam lingkup ini masih mendominasi penayangan. Hal tersebut menjadi alasan yang melatar belakangi penelitian ini. Selain itu, film ini merupakan film sci-fi pertama yang mengangkat tema luar angkasa di Korea Selatan sehingga menarik untuk diteliti. Film ini juga telah memenangkan penghargaan Technical Award pada 57th Baek-sang Awards (2021) dan Best Art Direction pada Buil Film Awards (2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan dalam ranah STEM pada Film Korea Selatan Space Sweepers.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Representasi, dimana konsep abstrak akan diterjemahkan dalam bahasa sehingga memunculkan representasi konsep-konsep suatu hal. Penelitian ini juga menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes, dimana teori ini menganalisis tanda denotatif, konotatif, dan mitos.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan dokumentasi terhadap film terkait.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perempuan dalam ranah STEM pada film Space Sweepers direpresentasikan sebagai sosok yang memiliki sifat-sifat positif seperti cerdas, kompeten, berpenampilan menari, dan lain-lain. Namun, perempuan dalam ranah STEM juga ditunjukkan memiliki peran yang sedikit dalam bidang STEM, dan digambarkan masih berhadapan dengan kemungkinan lingkungan pekerjaan yang kurang ramah bagi perempuan, yang memungkinkan adanya diskriminasi, pelecehan, atau tindakan lainnya yang dapat merugikan perempuan. 

Kata Kunci: Film, Perempuan, Representasi, STEM

×
Penulis Utama : Johana Laudrie Caroline
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1219024
Tahun : 2022
Judul : Representasi Karakteristik dan Peran Perempuan dalam Lingkup Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) pada Film
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Film, Perempuan, Representasi, STEM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Dra. Christina Tri Hendriyani, M.Si.
2. Deniawan Tommy Chandra Wijaya, S.Sos., M.I.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.