Penulis Utama : Addiena Queen Lungayu
NIM / NIP : K4217001
×

Addiena Queen Lungayu. K4217001. KAJIAN MIMETIK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA WACAN BOCAH DALAM RUBRIK GELANGGANG REMAJA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT TAHUN 2019 SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JAWA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2021

Pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dapat berasal dari karya sastra salah satunya crita cekak. Guna mengetahui nilai yang terkandung maka perlu untuk membaca keseluruhan cerkak, namun pada kenyataanya minat baca siswa masih rendah. Untuk menarik minat baca siswa maka dapat digunakan cerita yang mimiliki kemiripan dengan pengalaman siswa. Dari hal tersebut maka dapat dirumuskan rumusan masalah antara lain aspek mimetic dan nilai Pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam cerkak serta bagaimana relevasinya terhadap bahan ajar di SMA. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) aspek mimetik dalam crita cekak Wacan Bocah, 2) nilai Pendidikan karakter 3) relevansi Wacan Bocah sebagai bahan ajar siswa di SMA.

            Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan ialah analisis isi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan mimetik. Data yang digunakan adalah aspek mimetik, nilai Pendidikan karakter dalam cerkak dan relevansi cerkak sebagai bahan ajar di SMA. Sumber data adalah data dokumen dan informan. Data dokumen berasal dari tujuh crita cekak Wacan Bocah dalam rubrik Gelanggang Remaja pada majalah Panjebar Semangat tahun 2019. Data informan berasal dari hasil wawancara kepada tiga siswa kelas X SMA, guru bahasa Jawa, dan ahli sastra. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara mendalam serta dalam analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian ketujuh crita cerkak Wacan Bocah memiliki kemiripan cerita dengan realita. Dari ketujuh crita cerkak Wacan Bocah ditemukan nilai Pendidikan karakter anatara lain Bersahabat/Komunikasi, rasa ingin tahu, peduli sosial, menghargai prestasi, jujur, tanggung jawab, semangat kebangsaan, cinta damai, religious dan kreatif. ketujuh crita cerkak Wacan Bocah dalam rubrik Gelanggang Remaja majalah Panjebar Semangat yang telah dianalisis relevan digunakan sebagai bahan ajar bahasa Jawa di kelas X SMA.

×
Penulis Utama : Addiena Queen Lungayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217001
Tahun : 2022
Judul : Kajian Mimetik dan Nilai Pendidikan Karakter pada Wacan Bocah dalam Rubrik Gelanggang Remaja Majalah Panjebar Semangat Tahun 2019 serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Crita Cekak, Mimetik, Nilai Pendidikan Karakter, Bahan Ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M. Hum.
2. Rahmat, S.S., M. A.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd, M.Pd.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.