Penulis Utama : Dhia Azmi Nabila
NIM / NIP : K4217025
×

ABSTRAK

 

Dhia Azmi Nabila. K4217025.  PEMBELAJARAN DARING TEKS DIALOG BAHASA JAWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BAWANG. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Sebelas Maret, Desember 2021.

 

Pembelajaran daring merupakan satu satunya cara dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar tetap berjalan di masa pandemi covid-19 ini. Model pembelajaran daring ini bagi kebanyakn sekolah masih menjadi hal yang baru, sehingga dalam pelaksanaannya terdapat kendala dalam proses pembelajarannya. Kendala bisa berasal dari guru maupun siswa yang berdampak pada penurunan nilai siswa pada mata pelajaran khususnya bahasa jawa materi teks dialog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah pada pembelajaran bahasa jawa materi teks dialog, kendala apa saja yang di temukan pada saat pembelajaran dan upaya dalam mengatasi kendala yang terjadi baik dari siswa guru dan sekolah di SMP Negeri 1 Bawang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan data menggunakan dokumen dan hasil wawancara dengan pihak sekolah , guru dan siswa. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan purposive sampling sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisisis dokumen. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data dari hasil wawancara dengan kepala sekolah SMP Negeri 1 Bawang, guru mata pelajaran bahasa jawa dan siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Bawang. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan metode kemudian dilanjutkan dengan analisis data yang dimulai dengan reduksi data, lalu penyajian data dan terakir penarikan kesimpulan.

Simpulan dari penelitian ini adalah kendala yang muncul pada saat pembelajaran daring materi teks dialog dapat teratasi dengan adanya upaya yang dilakukan oleh guru, siswa dan sekolah. Proses pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Bawang berlangsung secara terstruktur dan mandiri. Penugasan oleh guru juga terencana namun pada pengumpulan tugas masih banyak siswa yang sulit. Kendala dalam pembelajaran daring bahasa awa materi teks dialog yakni pemahaman akan materi pada saat pembelajaran daring oleh siswa dapat dijelaskan kembeli oleh guru pada saat pembelajaran tatap muka terbatas. Peran semua pihak dalam mendukung terlaksananya pembelajaran juga mempengaruhi berhasil tidaknya pembelajaran tersebut. Pembelajaran yang interakti juga mempengaruhi pemahaman siswa dalam menyerap materi.

 

 

 

×
Penulis Utama : Dhia Azmi Nabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217025
Tahun : 2022
Judul : Pembelajaran Daring Teks Dialog Bahasa Jawa Pada Masa Pandemic Covid-19 Di SMP Negeri 1 Bawang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: materi teks dialog, kesulitan belajar, upaya mengatasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.,
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd.,
2. Rahmat, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.