Penulis Utama : Irvan Prakoso
NIM / NIP : S082008006
×

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul elektronik pembelajaran fisika berbasis OrSAEv-mitigasi bencana untuk meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter mitigasi bencana siswa, 2) mengetahui kelayakan modul elektronik pembelajaran fisika berbasis OrSAEv-mitigasi bencana untuk meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter mitigasi bencana siswa, 3) mengetahui efektivitas modul elektronik pembelajaran fisika berbasis OrSAEv-mitigasi bencana untuk meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter mitigasi bencana siswa.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur Borg & Gall yang terdiri 10 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi (research and information), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan produk awal (develop preliminary of product), 4) uji coba tahap awal (preliminary field testing), 5) revisi produk utama (main product revision), 6) uji coba lapangan utama (main field test), 7) revisi produk operasional (operational product revision), 8) uji coba lapangan operasioanl (operational field testing), 9) perbaikan produk akhir (final product revision), dan 10) diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Ruang lingkup materi modul yaitu gerak vertical kelas X MIPA SMA. Sampel penelitian yaitu kelas X MIPA di SMAN 1 Cepogo, SMAN 1 Boyolali, SMAN 2 Boyolali, dan SMAN 3 Boyolali. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis penelitian yaitu analisis deskriptif, analisis kelayakan modul, dan analisis efektivitas dengan gain skor dan persentase.

Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa: 1) modul elektronik pembelajaran fisika berbasis OrSAEv telah berhasil dikembangkan dengan sintaks mitigasi bencana untuk meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter mitigasi bencana siswa, 2) modul elektronik pembelajaran fisika berbasis OrSAEv layak digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter mitigasi bencana siswa ditinjau dari hasil validasi yang berkategori sangat baik, 3) modul elektronik pembelajaran fisika berbasis OrSAEv efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter mitigasi bencana siswa dibuktikan dengan gain score yang berkategori sedang dan persentase karakter mitigasi bencana berkategori sangat kuat.

×
Penulis Utama : Irvan Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S082008006
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Orsaev (Orientasi, Siap-Siaga, Aksi, Evaluasi) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Memperkuat Karakter Mitigasi Bencana Gunung Berapi Pada Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengembangan modul fisika, modul elektronik, mitigasi bencana, motivasi belajar, karakter mitigasi bencana, gunung berapi
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd
2. Dewanto Harjunowibowo, S.Si., M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.