Penulis Utama : Aulianisa Salsabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217013
Tahun : 2022
Judul : Wacana Iklan Komersial Produk Rokok Gudang Garam Signature
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra dan Seni Rupa - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berlatar belakang atas fenomena bahasa yang digunakan dalam iklan komersial untuk mengiklankan produk. Berdasarkan hal tersebut, masalah yang akan dianalisis adalah: (i) bagaimana teks wacana iklan yang digunakan dalam rangkaian iklan produk rokok Gudang Garam Signature “Yes You Can”, dan (ii) bagaimana konteks wacana iklan yang digunakan dalam rangkaian iklan produk rokok Gudang Garam Signature “Yes You Can”. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mendeskripsikan teks wacana iklan yang digunakan dalam rangkaian iklan produk rokok Gudang Garam Signature “Yes You Can”, (ii) mendeskripsikan konteks wacana iklan yang digunakan dalam rangkaian iklan produk rokok Gudang Garam Signature “Yes You Can”. Penulis menggunakan teori wacana iklan Guy Cook sebagai tinjauannya. 

Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini berupa tuturan yang sudah ditranskripsikan, teks pada video iklan, dan unsur-unsur yang terdapat dalam video. Data didapatkan dari video iklan Gudang Garam Signature “Yes You Can” di televisi yang sudah dimuat di kanal YouTube. Metode penyediaan data yang dipakai adalah metode simak dan teknik catat. Metode analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode padan dan agih. 

Hasil penelitian ini adalah: (i) pada teks wacana iklan produk rokok Gudang Garam Signature “Yes, You Can”, dari data tersebut diklasifikasi menjadi 7 jenis, seperti: (1) konotasi, (2) denotasi, (3) paralelisme, (4) repetisi (5) subtitusi, (6) referring expression, dan (7) konjungsi; (ii) konteks wacana pada iklan komersial Gudang Garam Signature “Yes, you can” ditemukan 8 jenis konteks wacana, yaitu;(1) substansi, (2) paralanguage, (3) musik dan gambar, (4) situasi, (5) koteks, (6) interteks, (7) partisipan, dan (8) fungsi.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
2. Bab I.pdf
3. Bab II.pdf
4. Bab III.pdf
5. Bab IV.pdf
6. Bab V.pdf
7. Daftar Pustaka.pdf
8. Lampiran.pdf
Halaman cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa