Penulis Utama : Irfan Afghoni
NIM / NIP : K4615051
×

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

ABSTRAK

 

Irfan Afghoni. K4615051. “Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Dan Menghentikan Bola Dalam Sepakbola Peserta Dididk Kelas IV SD Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020” Skripsi, Fakultas Keolahragaan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2020.

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Dan Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Mangkubumen Kulon No.83 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 7 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan teknik persentase.

Berdasarkan analisis data diperoleh sebagai berikut: pada prasiklus dari 17 peserta didik yang tuntas keterampilan proses hanya 7 peserta didik atau 41%, untuk yang belum tuntas 10 peserta didik atau 59%, sedangkan yang tuntas keterampilan produk hanya 3 peserta didik atau 18%, untuk yang belum tuntas 14 peserta didik atau 88%. Pada siklus I, hasil belajar sepakbola menendang dan menghentikan bola dalam keterampilan proses mencapai 65% atau sebanyak 11 peserta didik dari 17 peserta didik telah masuk kreteria tuntas, sedangkan keterampilan produk mencapai 65% atau sebanyak 11 peserta didik yang tuntas. Pada siklus II, hasil belajar keterampilan proses peserta didik meningkat mencapai 82% atau sebanyak 14 peserta didik dari 17 peserta didik telah mencapai kreteria tuntas sedangkan 3 peserta didik lainnya belum tuntas, sedangkan keterampilan proses peserta didik meningkat mencapai 82% atau sebanyak 14 peserta didik telah mencapai kreteria tuntas sedangkan 3 peserta didik lainnya belum tuntas, maka setelah siklus ke II penelitian tindakan kelasdihentikan.

Simpulan penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Dan Menghentikan Bola Dalam Sepakbola Peserta Dididk Kelas IV SD Negeri Mangkubumen Kulon No.83 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.

×
Penulis Utama : Irfan Afghoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4615051
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menendang dan Menghentikan Bola dalam Sepak Bola Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Hasil belajar, menendang dan menghentikan bola, penerapan pendekatan bermain
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Dr Waluyo, M.Or
2. Dr. Deddy Whinata K, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.