Penulis Utama : Istianawati
NIM / NIP : D0116043
×

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu langkah pembangunan yang dapat diartikan sebagai sebuah proses mendayagunakan masyarakat melalui keahlian dan potensi yang dimilikinya, dengan harapan masyarakat dapat mengembangkan diri secara lebih mandiri. Kelurahan Mangkubumen merupakan salah satu kelurahan yang berusaha memberdayakan masyarakat, salah satunya melalui Program Kelompok Seni dan Usaha Kecil Menengah Kelurahan Mangkubumen (Mpok Sinah Klamben). Selain dapat mewadahi aktivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, uniknya Program Mpok Sinah Klamben ini turut membawa Kelurahan Mangkubumen menjadi kelurahan terbaik se- Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui Program Mpok Sinah Klamben dengan menggunakan teori tahapan pemberdayaan menurut Wrihatnolo dan Dwidjowijoto (2007), yang meliputi tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, dan tahap pendayaan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive. Pengujian validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data atau sumber, sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap penyadaran telah dilakukan melalui sosialisasi kepada seluruh masyarakat. Sebagaian besar masyarakat mendukung adanya program ini, namun terdapat juga beberapa yang kurang mendukung. Kesadaran masyarakat dinilai juga masih kurang karena terdapat anggota yang aktif dan pasif. Mindset dari pedagang juga kurang berorientasi pada tujuan karena masih terdapatnya pedagang yang tidak bersungguh-sungguh dalam berjualan dan hanya berjualan ketika kondisi di Gedung Sasono Krida Warga Mangkubumen sedang ramai dan tidak berjualan ketika kondisi sepi. Tahap pengkapasitasan telah dilakukan melalui pembentukan Pengurus Mpok Sinah Klamben, memberikan bimbingan teknis dan pelatihan, serta membuatkan aturan main diantara mereka. Tahap pendayaan telah dilakukan melalui pemberian fasilitas pendukung, meningkatkan promosi melalui media sosial, dan mengikutsertakan Mpok Sinah Klamben dalam event-event.


Kata kunci : pemberdayaan masyarakat, UMKM, program pemberdayaan, Mpok
Sinah Klamben

 

×
Penulis Utama : Istianawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0116043
Tahun : 2021
Judul : Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kelompok Seni dan Usaha Kecil Menengah Kelurahan Mangkubumen (Mpok Sinah Klamben) (Studi di Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0116043
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji : 1. Drs. Sudarmo, M.A.,Ph.D.
2. Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.