Penulis Utama : Yuanita Dwi Hapsari
NIM / NIP : S251908009
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) siapa sajakah aktor yang terlibat dalan pengelolaan Sub DAS Pusur, (2) strategi yang dilakukan oleh komunitas dalam pengelolaan Sub DAS Pusur, (3) perubahan habitus masyarakat dari adanya kegiatan pengelolaan Sub DAS Pusur, serta (4) faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan Sub DAS Pusur. 
Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian Naturalistic Inquiry. Teknik pengumpulan data berasal observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang digunakan sebagai sumber data utama yaitu Ketua Pusur Institut, Public Relationship CSR PT Tirta Investama, anggota Komunitas, Pemerintah Desa, LSM, dan Masyarakat. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik uji validitas data yang digunakan berupa trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktor yang terlibat dalam pengelolaan Sub  DAS Pusur terdiri dari komunitas, PT Tirta Investama, LSM , dan Pemrintah. (2)  Stategi komunitas dalam pengelolaan Sub DAS Pusur antara lain terbentunya sekolah lapang konservasi baik secara vegetatif maupun budidaya tanaman kopi, krisan, dan anggrek; Program Kali Bersih (Prokasih) dengan pengelolaan sampah pada Bank Sampah; program river care melalui pengembangan wisata tubing; pertanian ramah lingkungan melalui klinik pertanian; pengelolaan irigasi melalui Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A); serta aksi kolektif dalam Pusur Intitute. (3) Perubahan habitus masyarakat dapat dilihat memalui 3 (tiga) aspek yakni aspek sosial dan kelembagaan; aspek ekologi sungai; serta aspek ekonomi. (4) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan Sub DAS Pusur berdasarkan analisis SWOT yakni Kekuatan (Strrength) antara lain dukungan multi pihak; potensi alam; Kesadaran masyarakat dalam gotong royong dan berjejaring dalam komunitas serta prestasi dari Pusur Institut. Kelemahan (Weakness) berupa cakupan wilayah yang cukup luas; kebiasaan membuang sampah dari masyarakat luar; dan pandemi Covid-19.  Peluang (Opportunity) berupa adanya Pusur Institute sebagai wadah kolaborasi pelestarian Sub DAS Pusur dan adanya berbagai komunitas yang aktif dengan program-program pengelolaan lingkungan. Ancaman (Threats) berupa Kawasan hulu yang rawan longsor karena struktur tanah porus dan Terjadinya kekeringan pada musim tanam ke-3 di wilayah hilir 

Kata Kunci : habitus, komunitas, Daerah Aliran Sungai, Pusur Institute

×
Penulis Utama : Yuanita Dwi Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S251908009
Tahun : 2022
Judul : Perubahan Habitus Masyarakat dalam Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Berbasis Komunitas Peduli Sungai (Studi pada Sub Das Pusur Kabupaten Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : habitus, komunitas, Daerah Aliran Sungai, Pusur Institute
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Trisni Utami, M.Si
2. Prof. Dr. Mahendra Wijaya, MS
Penguji : 1. Dr. Supriyadi, SN,SU
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.