Penulis Utama : Erra Noer Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518034
Tahun : 2021
Judul : Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518034
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam suatu lembaga tidak terlepas dari kegiatan surat menyurat atau korespondensi, sehingga akan banyak surat yang masuk dan yang keluar. Dalam surat masuk dan surat keluar tersebut berisi sumber data yang dapat memberikan informasi untuk kemajuan lembaga ke depannya. Pengelolaan surat masuk dan surat keluar sangat penting bagi organisasi atau instansi karena sebagai bentuk tercapainya visi misi dan keefektifan suatu organisasi atau instansi. Mengingat pentingnya surat bagi suatu instansi atau lembaga maka perlu dilakukan pengelolaan yang baik agar surat tidak hilang atau rusak dan mencegah terjadinya informasi ganda, dan dapat dengan mudah menemukan kembali surat jika sewaktu-waktu diperlukan.
Lokasi pengamatan bertempat di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Tengah. Jenis pengamatan penulis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu jenis pengamatan dengan cara mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai kondisi nyata di lapangan. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara dengan arsiparis dan admin di Subbagian Umum atau Tata Usaha kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada 2 Februari 2021 pukul 08.00 WIB di ruang Subbagian Umum, dan observasi dilaksanakan selama 5 minggu mulai dari 11 Januari – 14 Februari 2021, serta dokumentasi.
Berdasarkan Hasil pengamatan mengenai pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Tengah sudah sesuai Standar operating prosedure (SOP) dengan alur pengelolaan surat masuknya meliputi: 1. Menerima surat; 2. Pembukaan surat; 3. Menginput surat; dan 4. Mendistribusikan surat. Sedangkan alur pengelolaan surat keluar meliputi: 1. Mengonsep surat; 2. Menyetujui dan memeriksa konsep surat; 3. Pemberian nomor surat keluar; 4. Penginputan surat keluar; dan 5. Mendistribusikan surat ke alamat yang dituju.

Kata Kunci: Pengelolaan, Surat Keluar, Surat Masuk.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi