Penulis Utama : Syarafina Khanza Digananda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218072
Tahun : 2022
Judul : Kumpulan Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A.A. Navis: Kajian Struktural, Nilai Pendidikan, dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Menulis Cerpen Kelas IX di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : UNS
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Syarafina Khanza Digananda. K1218072. KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A. NAVIS: KAJIAN STRUKTURAL, NILAI PENDIDIKAN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS CERPEN KELAS IX DI SMP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan struktur cerpen serta keterjalinan antara unsur-unsur tersebut, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan, dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan pemanfaatan struktur cerpen dan nilai pendidikan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A. A. Navis sebagai bahan ajar menulis cerpen kelas IX di SMP.

Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan penyajian data berupa penggambaran dan deskripsi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Sumber data penelitian ini berupa data primer dari kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami dan sumber data sekunder dari hasil analisis artikel serta hasil wawancara dengan informan yaitu guru Bahasa Indonesia dan empat siswa kelas IX SMP. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik uji validitas data yang diperoleh menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, memaparkan struktur cerpen serta keterjalinan antara unsur-unsur tersebut dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A. A. Navis. Ditemukan nilai pendidikan berdasarkan dimensi kemanusiaan yang terdiri dari empat nilai, yaitu nilai kesosialan, nilai kepribadian, nilai kesusilaan, dan nilai religius. Dalam analisis nilai pendidikan berdasarkan dimensi kemanusiaan terdapat lima belas nilai pendidikan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami dan terdapat pemanfaatan hasil penelitian terhadap pembelajaran menulis cerpen kelas IX di SMP, yaitu sebagai alternatif pemilihan bahan ajar materi cerpen dan juga sebagai pembangkit inovasi kreativitas siswa dalam menulis cerpen.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M. Pd.
2. Sri Hastuti, S. S., M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP