Penulis Utama : Dwiantoro
NIM / NIP : D0216028
×

Dwiantoro, D0216028. 2022. “STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA LEMBAGA AMIL ZAKAT DALAM PROGRAM BEASISWA PEMBINAAN MAHASISWA”. Skripsi, Program

Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Penggalangan dana merupakan inti kekuatan dari lembaga nirlaba, karena dari penggalangan dana inilah lembaga nirlaba bisa menjalankan program pemberdayaan yang dikampanyekannya. Sebagai lembaga nirlaba, Dompet Dhuafa dituntut untuk selalu bisa menghadirkan strategi yang efektif agar penggalangan dana yang dilakukannya bisa menghidupi program-programnya, terutama program Beasiswa Aktivis Nusantara.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dalam melakukan penggalangan dana untuk membiayai program Beasiswa Aktivis Nusantara. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Hierarchy of Effect yang digagas oleh Robert Lavidge dan Gary Stainer, serta teori strategi komunikasi yang digagas oleh Philip Lesly.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling terhadap pelaku fundraising di Dompet Dhuafa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa menggunakan beberapa cara dalam melaksanakan penggalangan dananya, antara lain dengan menggunakan proposal, billboard, membuka gerai ritel, melakukan kolaborasi dengan mitra, membuka layanan e-commerce, menyampaikan pesan pribadi kepada alumni program, dan menggunakan kanal media donasi online. Target sasaran penggalangan dananya antara lain perusahaan besar dengan dana CSR, UMKM, alumni Beasiswa Aktivis Nusantara, dan masyarakat umum. Dengan banyaknya donatur yang pernah berdonasi, Dompet Dhuafa senantiasa melakukan maintenance kepada tim inti, volunteer, donatur, dan masyarakat umum.

×
Penulis Utama : Dwiantoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216028
Tahun : 2022
Judul : Strategi Komunikasi Penggalangan Dana Lembaga Amil Zakat dalam Program Beasiswa Pembinaan Mahasiswa (Studi Kasus Tentang Strategi Komunikasi Dompet Dhuafa dalam Menggalang Dana untuk Memenuhi Kebutuhan Program Beasiswa Aktivis Nusantara)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Strategi komunikasi, Fundraising, Dompet Dhuafa, Donatur.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mahfud Anshori, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si.
2. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.