Penulis Utama : Vena Nur Litasari
NIM / NIP : K7117230
×

Vena Nur Litasari. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2022
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri SeKecamatan Alian Kabupaten Kebumen dan (2) mengukur besarnya sumbangan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri SeKecamatan Alian Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di 32 SDN sekecamatan Alian yang berjumlah 762 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 262 siswa kelas IV di 11 SDN sekecamatan Alian yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk pengumpulan data penelitian pada variabel bebas yaitu model pembelajaran e-learning, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data pada variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Uji prasyarat menggunakan uji linieritas dan normalitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis uji regresi sederhana, korelasi sederhana, dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Sekecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung > rtabel) atau 5,886 > 1,650 pada taraf signifikan 95%. (2) Sumbangan efektif variabel model pembelajaran e-learning tehadap hasil belajar IPA yaitu sebesar 69,9% dan sisanya sebesar 30,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sekecamatan Alian Kabupaten Kebumen dengan sumbangan efektif variabel model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar IPA yaitu sebesar 69,9% dan sisanya sebesar 30,1% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal berupa kesehatan, sikap, minat, motivasi, bakat, fisik, kebiasaan belajar, dan konsentrasi, sedangkan faktor eksternal berupa lingkungan keluarga (suasana rumah, relasi, cara mendidik), sekolah (model dan metode belajar mengajar), dan masyarakat sekitar.

×
Penulis Utama : Vena Nur Litasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117230
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Sekecamatan Alian Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : model pembelajaran e-learning; hasil belajar; IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.