Penulis Utama : Reni Nur Wahyuni
NIM / NIP : K7717061
×

Reni Nur Wahyuni. K7717061. PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI DI KOTA SURAKARTA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa; 2) pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar; 3) pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa; 4) pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa melalui kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode expost-facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Negeri di Kota Surakarta yang berjumlah 288 siswa dengan jumlah sampel 168 siswa dan diambil dengan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Keabsahan instrumen penelitian diperoleh melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur sebagai pengujian hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai pengaruh langsung sebesar 0,166 dengan nilai sig 0,011; 2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar yang dapat dilihat dari nilai pengaruh langsung sebesar 0,480 dengan nilai sig 0,000; 3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari pengaruh langsung sebesar 0,596 dengan nilai sig 0,000; 4) terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa melalui kemandirian belajar yang dilihat dari nilai pengaruh tidak langsung sebesar 0,286, yang berarti nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dari nilai pengaruh langsung.

×
Penulis Utama : Reni Nur Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7717061
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kota Surakarta dengan Kemandirian Belajar sebagai Variabel Intervening
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Akuntansi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.
2. Jaryanto, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Sri Sumaryati, S.Pd., M.Pd.
2. Asri Diah Susanti, S.E., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.