Penulis Utama : Mahamboro Dawud Dananjoyo
NIM / NIP : S831908004
×

Mahamboro Dawud Dananjoyo. 2022. Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Guided Inquiry pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 2 Surakarta.Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Widha Sumarno, M. Pd.. Kopembimbing Dr. Sarwanto, S. Pd., M. Si. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik modul IPA guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, (2) kelayakan modul IPA berbasis guided inquiry pada materi getaran dan gelombang, dan bunyi (3) keefektifan modul IPA berbasis guided inquiry pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian pengembangan modul dengan materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi ini menggunakan prosedur pengembangan 4D oleh Thiagarajan menjelaskan bahwa pengembangan model 4D terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, analisis kelayakan mengacu pada skor kriteria kelayakan, dan analisis keefektifan modul pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif melalui N-Gain.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) modul Elektronik IPA getaran, gelombang, dan bunyi berbasis Guided Inquiry telah berhasil dikembangkan mengacu pada pembelajaran Guided Inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.  2) modul Elektronik IPA getaran, gelombang, dan bunyi berbasis Guided Inquiry yang berhasil dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik ditinjau dari kelayakan segi materi, pembelajaran, media, dan bahasa. Modul Elektronik IPA dikatakan layak dengan hasil validasi dari para ahli rata-rata 84 % dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil berdasarkan praktisi pendidikan menunjukkan rata-rata 88,65 % dengan kategori sangat baik. 3) modul Elektronik IPA getaran, gelombang, dan bunyi berbasis Guided Inquiry telah berhasil dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa berdasarkan gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,76 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,68 dengan kategori sedang. 

 

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Guided Inquiry, dan Berpikir Kreatif

×
Penulis Utama : Mahamboro Dawud Dananjoyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831908004
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Guided Inquiry pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Guided Inquiry, dan Berpikir Kreatif
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.1063/5.0072958
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Dr. Sarwanto, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.