Penulis Utama : Aufa Intan Prasiwi
NIM / NIP : F0218013
×

Berdasarkan data dari Nova Haasiani reporter Compas, diketahui bahwa tingginya penjualan skincare pada tahun 2021 di Indonesia mencapai angka Rp 90.000.000.000. Angka penjualan ini merekap bahwa skincare yang laris terjual terdiri dari berbagai macam brand skincare. Hal ini menunjukkan ketatnya penjualan skincare antar brand di Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari variabel Brand Personality Congruence, Brand Attachment, dan Brand Love terhadap Loyalitas Pelanggan dalam penggunaan produk skincare.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh peneliti melalui survei yang dilakukan secara offline dan online. Data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi olah data Smart-PLS dengan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Responden dari penelitian ini adalah masyarakat Jawa Timur yang menggunakan skincare dengan rentang usia 18-55 tahun. Sampel dari penelitian ini berjumlah 200 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Brand Personality Congruence, Brand Attachment dan Brand Love memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada penggunaan produk skincare. Hal ini dikarenakan ketika brand skincare yang digunakan memiliki karakteristik yang sesuai dengan citra diri pelanggan, hal ini menjadikan pelanggan loyal dalam penggunaannya. Selain itu, ketika seorang pelanggan memiliki ikatan emosional dengan brand skincare dan menjadikan brand tersebut brand kesukaan, akan timbul loyalty action.

Keterbatasan penelitian ini ialah responden yang mendominasi adalah responden perempuan. Mayoritas responden berusia 18-25 tahun dengan banyaknya 90% responden dari total keseluruhan responden. Selain itu sebanyak 73?ri responden adalah mahasiswa dan pelajar dibanding profesi yang lain. Untuk itu saran penelitian selanjutnya agar lebih memeratakan responden ke seluruh rentang usia, jenis kelamin, dan profesi sehingga hasil yang didapatkan akan lebih baik.

×
Penulis Utama : Aufa Intan Prasiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0218013
Tahun : 2022
Judul : Analisis Loyalitas: Efek Brand Personality Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen Skincare)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2022
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Perilaku pembelian konsumen, Loyalitas Pelanggan, Brand Attachment, Brand Love, Brand Personality Congruence, Skincare.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haryanto S.E., M.Si
Penguji : 1. Prof. Dr. Budhi Haryanto M.M
2. Catur Sugiarto S.E.M M.S.M, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.